Review: Skincare Vegan untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

2:46 AM

Meski udah cukup lama berkecimpung di dunia kecantikan, aku masih sering kebingungan produk apa yang cocok untuk jenis kulit aku, rangkaian skincare yang tepat itu gimana atau bahan aktif apa yang aku butuhin untuk mengatasi problem kulit aku ini. Dulu produk kecantikan nggak selengkap ini, brand-brand lokal pun belum banyak menjamur. Salahnya aku dulu yang beranggapan kalau cuci muka aja itu udah cukup karena dulu aku ngerasa nggak ada masalah sama sekali sampai akhirnya ternyata baru aku sadari kalo banyak sel kulit mati yang menumpuk dan pori-pori yang tersumbat sampe munculin komedo dan jerawat sampai ke bekas jerawat yang susah hilangnya.

Aku sendiri kalau mau coba produk skincare baru pasti patch test terlebih dahulu ke bagian leher di belakang telinga untuk mastiin produknya aman atau nggak ke kulit aku yang sensitif dan mudah teriritasi dengan bahan aktif dalam suatu produk. Berikut panduan patch test yang bisa kalian baca disini: Cara Patch Test Produk Skincare Dengan Tepat.

Selain mudah berjerawat, kulit wajah aku juga berminyak. Jerawat pasti dateng pas masa PMS tiba, munculnya di area pipi dan rahang. Karena kondisi kulit yang oily-acne prone ini aku jadi hati-hati sewaktu pilih produk skincare untuk mengatasi jerawat sampai ke bekasnya. Salah pilih produk bisa tambah masalah baru, karena itu aku lebih pilih produk vegan dan aman untuk kulit sensitif sekalipun. Aku juga lebih suka “skinimalism” baik itu skincare ataupun make up karena khawatir pakai banyak produk sekaligus bisa bikin kulit wajah jadi tambah rewel dan mudah iritasi. Jadi aku fokus ke basic skin care berupa cleansertonermoisturizer dan sunscreen.

Beruntungnya ada BASEbrand lokal yang udah 1 tahun belakangan ini produk-produknya aku pakai. BASE pun mengusung konsep skin minimalismskincare rutin yang anti ribet.

Skincare Routine with BASE untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Tepat 1 tahun yang lalu aku mulai pakai rangkaian skincare dari BASE. Awalnya aku searching di mesin pencarian, skincare vegan untuk mengatasi masalah jerawat sampai akhirnya muncul BASE di Instagram. Langsung cinta dan tertarik pas scroll Instagramnya BASE, ada beberapa perempuan dengan warna kulit yang beragam dengan permasalahan kulit yang berbeda-beda yang jadi model dari brand ini. Rangkaian skincare BASE pun dibuat berdasarkan kebutuhan kulit dan sesuai untuk kulit masing-masing orang. Untuk tahu produk apa yang cocok dan kandungan apa aja yang sesuai untuk kulit, kita hanya perlu mengikuti skin test di www.base.co.id. Nanti kita perlu mengisi 3 bagian dengan menjawab beberapa pertanyaan seputar diri kita, tentang kulit dan juga gaya hidup.

Dimulai dengan mengisi nama, tanggal lahir dan jenis kelamin. Karena tipe kulit tiap orang berbeda, kita juga harus mengisi kondisi kulit dan keadaan kulit yang kita inginkan. Disana juga ada pertanyaan seberapa sering bermasalah dengan jerawat. Kalau ada jerawat di wajah, nanti juga ditanya jenis jerawat dan letak munculnya jerawat. Juga ada pertanyaan apakah dalam 4 minggu terakhir mengalami masalah kulit kering, terkelupas, gatal, bersisik atau nggak. Kita juga mengisi bagian reaksi alergi bahan tertentu kalau ada dan ditanya apakah kita punya kondisi khusus kayak eksim, rosacea, psoriasis dan melasma.

Tentang kulit, ada pertanyaan apakah dalam 3 bulan terakhir sedang dalam perawatan kulit dengan dokter dan penggunaan skincare dengan kandungan retinol dan AHA/BHA.

Terakhir, tentang gaya hidup seperti waktu tidur, kebiasaan sehari-hari, diet khusus sampai ke pertanyaan tentang berapa lama terpapar sinar matahari setiap harinya.
Setelah selesai mengisi skin quiz, akan ada skin analysis result. Disana kita bisa lihat ingredients apa yang cocok sama kulit kita dan produk rekomendasi dari BASE. Produk rangkaian BASE hanya fokus ke 3 tahap penting dari skincare routine yaitu cleanse, tone dan moisturize ditambah dengan pemakaian sunscreen di pagi hari. Sesuai namanya personalized skincare, di label kemasannya pun tercetak nama kita sendiri. Keren banget kan!
Dari hasil skin test kemarin, ada beberapa perbedaan key ingredients dan produk yang direkomendasikan. Bisa dilihat pada gambar di atas, gambar atas hasil dari skin test tahun lalu dan gambar bawah merupakan skin analysis result per-bulan September 2021 kemarin.

Tahun lalu ada 3 jenis produk yang aku pakai yaitu Personalized Cleanser, Personalized Toner dan Personalized Moisturizer. Sekarang yang berubah yaitu minus toner tapi ada penambahan Sunscreen. Kenapa bisa beda? Karena kondisi kulit kita pun terus berubah sesuai dengan gaya hidup dan banyak faktor. Tahun lalu aku belum kenal sama produk exfoliator, tapi kemarin sewaktu skin quiz ada pertanyaan tentang penggunaan produk AHA/BHA, makanya ada penambahan sunscreen untuk perlindungan ekstra dari kulit yang rentan sensitif dengan sinar matahari karena penggunaan produk berbahan exfoliator.

Ada 6 key ingredients yang sesuai dengan kulit wajah aku yaitu;
🌱Pulluan yang berasal dari Seoul, South Korea
🌱Calendula extract (Gujarat, India) sebagai anti bakterial
🌱Chamomile extract (Cornwall, United Kingdom) yang bisa menenangkan kulit
🌱Vitamin E (Champian, France) untuk melembutkan kulit wajah.
🌱Argan oil (Essaouira, Morocco) yang mampu melembapkan
🌱Raspberry leaf extract (Cadex, France) efektif untuk menghidrasi kulit wajah

Nine to Ten Purifying Cleanser

Karena ini jenis non-foamy cleanser, jadi cleanser ini gak berbusa sama sekali tapi bisa membersihkan secara menyeluruh dengan lembut. Cleanser ini juga nggak mengandung SLS jadi nggak ada efek kulit ketarik atau jadi kering setelah mencuci wajah. Untuk yang punya kulit sensitif, cleanser ini aman karena non-perfumed product alias fragrance free.

Untuk kemasannya dikemas dalam kemasan keramik berwarna putih dengan sticker label berwarna khas BASE yaitu orange dan mustard. Untuk harganya, Nine to Ten Purifying Cleanser dibanderol dengan harga Rp98.000 untuk ukuran 100 ml.

Cara pakainya, basahi wajah terlebih dahulu kemudian aplikasikan 2-3 pump cleanser ke telapak tangan dan usapkan perlahan ke wajah dengan gerakan memutar.
Aku pakai cleanser ini pagi dan malam hari, kadang kalau dari luar rumah atau sewaktu kulit wajah terasa kotor dan berminyak, aku cuci wajah pakai cleanser ini wajah jadi kembali segar lagi dan ada efek calmingnya.
BASE Ultra Clarity Balancing Lotion

Dulu aku pikir karena skin type aku oily, jadi aku nggak perlu moisturizer lagi buat ngelembapin kulit wajah aku dan aku khawatir muka jadi tambah berminyak. Ternyata aku tetap butuh moisturizer untuk melembapkan kulit wajah sekaligus menutrisi. Menurut aku pribadi, BASE Ultra Clarity Balancing Lotion ini bisa mengidrasi kulit dengan baik, cocok untuk yang punya permasalahan kulit wajah dehidrasi dan kusam. Aku nggak pernah skip pakai moisturizer setelah cuci muka di pagi hari karena aku sering pakai toner exfoliator aku wajib pakai produk yang bisa melembapkan kulit wajah. Rasanya kulit sekarang jauh lebih kenyal dan kelihatan sehat. BASE Ultra Clarity Balancing Lotion dipakai setelah toner dan essence, keluarkan 2-3 pump sesuai dengan kebutuhan lalu aplikasikan ke wajah hingga merata dan meresap.

BASE Ultra Clarity Balancing Lotion ini jadi moisturizer kecintaan aku karena cocok banget di kulit aku yang rentan berjerawat dan berminyak. Teksturnya yang ringan dan cepat meresap, nggak bikin tampilan jadi berminyak setelah pemakaian. Kulit wajah jadi kelihatan sehat dan bersih. Cukup ampuh menyembuhkan dan bikin kempes jerawat, jerawat jadi jarang banget muncul kalau pakai BASE. Kemasannya sama seperti cleanser, yang membedakan BASE Ultra Clarity Balancing Lotion ini dikemas dalam ukuran yang lebih kecil yaitu 30 ml dan harganya Rp189.000.


BASE Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++

Jujur, BASE Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ ini sunscreen ajaib dan nempatin posisi pertama di deretan sunscreen terbaik yang pernah aku pakai. Karena nggak hanya melindungi dari sinar UVA dan UVB, tapi juga melindungi dari Blue Light yang ada di sinar matahari dan perangkat elektronik seperti gadget dan LED lamp. Meski sekarang aku WFO (work from office), aku selalu apply dan reapply sunscreen walau nggak keluar rumah karena WFO bikin aku berkutat lebih lama di depan layar laptop.

BASE Ultra Matte Natural Sunscreen ini dilaunching 6 bulan yang lalu dan pastinya bikin aku penasaran buat cobain 100% vegan sunscreen ini. Selain itu, suncreen ini diklaim bisa mencerahkan kulit yang kusam, mengontrol produksi minyak di wajah, melindungi dari radikal bebas dan polusi, menenangkan kulit kemerahan yang meradang/iritasi dan SPF 50 PA+++ bisa melindungi dari paparan sinar matahari & blue light.

Kebanyakan sunscreen yang aku pernah coba, malah bikin kulit jadi tambah berminyak, lengket dan gerah banget. Karena hal itu juga aku jadi lebih selektif dalam memilih sunscreen yang aman untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Ada 8 key ingredients di dalam BASE Ultra Matte Natural Sunscreen ini, 4 diantaranya Carrot Seed Oil & Carrot Root Extract, Raspberry & Blackcurrant Leaves Extract dan Ectoin. Carrot seed oil & carrot root extract yang kaya akan beta-karoten bisa melindungi kulit dari blue light dan bikin glowing!

Kemasannya juga gemes banget warna ungu dengan tutup warna orange, ukurannya lumayan mini 45 gram dan dibanderol dengan harga Rp169.000. Yang bikin cinta itu sunscreen ini nggak ada residu sama sekali dan nggak lengket, nggak ada white cast. Sewaktu pertama kali aplikasiin sunscreen ini rasanya nanya ke diri sendiri, “lah kemana tadi sunscreen yang diaplikasiin, hilang kemana kok kayak nggak pake apa-apa”. Nggak ada rasa gerah atau nggak nyaman setelah sunscreen diaplikasikan, pokoknya wajah jadi halus banget, nggak kusam dan hasilnya matte tapi nggak bikin kering kesat gitu.

Tekstur Produk

BASE Nine to Ten Purifying Cleanser: berwarna putih susu dengan tekstur yang watery. Cleanser ini tipenya yang non foamy, jadi nggak ada busanya sewaktu diaplikasikan ke wajah. Aromanya mirip citrus dan bikin sensasi segar setelah mencuci wajah. Meskipun teksturnya light, cleanser ini bekerja dengan baik saat membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up yang menempel di kulit wajah. Kulit wajah juga kerasa lebih calm karena ada sedikit sensasi dingin sewaktu cuci muka.

BASE Ultra Clarity Balancing Lotion: berwarna putih kekuningan, moisturizer yang ringan dan sangat mudah meresap ke kulit wajah. Lightweight moisturizer ini aman dipakai di kulit yang berminyak kayak aku. Sewaktu diaplikasikan tampilannya jadi agak basah tapi nggak lama langsung meresap. Moisturizer ini juga mudah diblend dan langsung menyatu di kulit wajah.

BASE Ultra Matte Natural Sunscreen: warnanya kuning dengan tekstur yang creamy tapi ketika diaplikasikan mudah banget di-spread ke wajah, nggak ngegumpal alias mudah banget ngeblend ke kulit. Setelah diaplikasikan, nggak bikin greasy ataupun ninggalin perasaan gerah di kulit wajah dan leher, nggak lengket sama sekali.
Di awal Oktober kemarin lagi-lagi aku breakout. Jerawat di wajah aku ini tipenya yang mudah dateng tapi susah pergi dan ninggalin bekas jerawat kemerahan dan cokelat yang lumayan susah hilangnya. Jadi di awal bulan aku ikut skin test lagi di website BASE karena ada beberapa perubahan kondisi kulit wajah. Selama 2 minggu aku cuma pakai produk BASE dan stop pemakaian toner AHA/BHA untuk sementara. Hasilnya jerawat aku nggak bengkak lagi dan bekas jerawatnya cepat memudar dalam waktu 2 minggu! Bisa temen-temen lihat di gambar nomor 3 (minggu kedua), tampilan kulit aku jadi lebih kencang dan tonenya meningkat. Pori-pori juga lebih samar, bekas jerawat makin lama makin samar dan menuju hilang. Jerawatnya sisa jerawat mau PMS aja. Akhirnya kulit aku nggak rewel lagi dan kembali normal. Begitu juga sama produksi sebumnya, lebih terkontrol dan jauh dari kusam.
Awalnya aku sempet mikir rangkaian skincare BASE lebih mahal dari kebanyakan produk lainnya, tapi kalo dilihat dari bahan-bahan yang digunakan sudah teruji efikasinya di laboratori dan BASE juga sudah mengantongi sertifikat ECOCERT & Cruelty Free, wajar kalau sedikit berbeda dari umumnya. Selain itu, produknya juga bebas dari paraben, SLS, phthalate, pewarna artifisial dan juga pewangi. Tapi, harga Rp615.000 untuk All in One Kit produk BASE ini bener-bener worth untuk kalian yang cari produk vegan yang baik untuk kulit dan sesuai dengan kebutuhan, BASE layak untuk dijadiin pilihan utama.
Oh ya, produk-produk BASE bisa dibeli melalui Shopee. Bisa langsung ke BASE Official Shop ya.

 

 

You Might Also Like

0 komentar

INSTAGRAM @inggitefridha

Followers

Subscribe