Review: "Warteg" Vegetarian Dengan Menu Lacto-Ovo di Tiasa Kedai Sehat Bandung

12:34 PM

Beberapa bulan yang lalu, pagi hari sebelum dijemput pergi ke salon buat potong rambut, aku putusin buat sarapan dulu. Sebenernya dibilang sarapan, udah deket waktu jam makan siang. Mau makan siang juga belum sarapan. Hahaha. Jadilah keputusan buat makan dimana jatuh di Tiasa Kedai Sehat yang lokasinya nggak terlalu jauh dari salon dan aku juga penasaran sama lasagna di kedai ini setelah mantengin feeds IGnya @tiasa.kedaisehat.
Waktu aku kesana, kedai ini baru aja dibuka sekitar 3 bulan. Oh ya, lokasi kedai ini persis di depan Masjid Al-Latiif Bandung. Sebulan setelah kunjungan ke kedai ini, ternyata Tiasa Kedai Sehat Jilid Dua buka di Antapani. Wah!
By the way, ini aku sharing pengalaman pribadi aku setelah berkunjung ke kedai ini. Aku nggak dibayar buat promosiin kedai ini ya. Karena menurut aku kedai ini recommended dan harus banget dikunjungi, dan juga karena emang aku suka sama makanan sehat dan tertarik buat cobain makanan di kedai ini. 
Kedai ini berlokasi di Jalan Kihiur No. 10 Cihapit, Bandung. Tempatnya berdampingan dengan coffe shop yang aku lupa namanya apa. Pokoknya cari aja Masjid Al-Latiif sebagai patokan, pasti nanti keliatan ada plang bertuliskan Tiasa. Kedainya di dominasi warna hijau dan ada banyak tanaman hijau yang bikin adem.

Jadi Tiasa Kedai Sehat ini sesuai dengan namanya, merupakan kedai Lacto-Ovo Vegetarian yang menawarkan menu-menu nabati yang sehat tanpa MSG tambahan. Oh ya vegetarian sendiri dibagi menjadi beberapa tingkatkan dan lacto-ovo vegetarian ini maksudnya vegetarian yang nggak makan sesuatu yang mengandung unsur hewani tapi tetap mengkonsumsi susu, telur, keju, yogurt dan berbagai produk turunan susu.
Selain itu, masakan disini ditumis dengan minyak kelapa rendah kolestrol, menggunakan kaldu jamur alami dan garam laut organik, dimasak segar setiap harinya dan Tiasa Kedai Sehat menyajikan menu nabati yang kaya serat, tinggi protein, rendah kolestrol dan bervitamin.
Kedai ini tempatnya nggak terlalu besar, lebih kurang bisa menampung sekitar 10 orang untuk makan di tempat. Pagi menjelang siang sewaktu aku berkunjung, kebetulan belum ramai cuma ada beberapa driver ojek online yang sedang pick up pesanan di kedai ini. Untuk yang nggak bisa datang langsung ke kedai, mereka juga menyediakan layanan pesan antar di GoFood dan GrabFood.
Tempatnya nyaman banget, apalagi ada beberapa tanaman hijau dan juga suasana sejuk Bandung pagi itu bikin tambah betah. Belum lagi aroma harum masakan yang baru dimasak, bikin perut makin keroncongan.
Menunya beragam dan banyak menu yang bisa temen-temen pilih sesuai dengan selera masing-masing. Untuk harganya sudah pasti terjangkau, menu utamanya start dari harga Rp. 7.000 dan Rp. 4.000 untuk menu pendamping. Untuk minumannya, ada kopi susu ala Tiasa yang namanya Soy Latte karena Tiasa mengganti susu sapi menjadi susu kedelai. Soy latte ini menggunakan pemanis alami daun stevia, rendah kalori dan rendah kafein juga jadi aman buat lambung.
Kesannya menu disini disajikan layaknya warteg tapi dikemas lebih modern. Yang paling penting, disini bersih dan rapih juga. Liat makanan yang disajikan ini rasanya pengen cobain semuanya deh. Buat temen-temen yang suka sama makanan sehat harus banget berkunjung ke "warteg" vegetarian ini, selain harganya terjangkau rasanya beneran enak pake banget. Makan sayuran tanpa rasa sedih intinya hahaha. Aku juga dulu susah banget lho makan sayur, lama-kelamaan jadi suka sayur dan menu olahan dari sayur.
Dari foto di atas bisa temen-temen lihat kalau masakannya masih ada uap panas yang berarti baru aja dimasak. Menu pendampingnya bikin bingung, pengen cobain semua, apalagi Tahu Lada Garamnya keliatan enak banget, tapi takut nggak habis jadi aku pilih bayam krispi aja.
Menu minumannya ada Sereh Jeruk Nipis, Liang Teh, Susu Kedelai, Soy Latte dan Infused Water. Sereh Jeruk Nipis ini selain jadi pelepas dahaga dengan rasa yang segar, minuman ini juga merupakan sumber antioksidan dan anti bakteri, kalau temen-temen punya masalah sulit tidur atau badan kerasa lemes dan butuh minuman untuk detoksifikasi, Sereh Jeruk Nipis ini bisa banget temen-temen cobain buat ngatasin beberapa masalah tadi.
Setelah pesanan aku udah siap, aku milih duduk di pojokan dekat dinding yang ditempeli kaca anyaman mendong. Tempatnya cukup instagramable dan yang paling aku suka interiornya minimalis dan banyak tanaman hijau disetiap sudut kedai ini.
Disini alat makan dan minum juga sedotannya dari stainless steel
Jadi menu yang aku pesan itu ada "Ayam" Matah dengan nasi putih, Lasagna dan Bayam Krispi sebagai menu pendampingnya. Untuk minumannya aku pilih susu kedelai dan infused water. Oh ya, hampir semua menu di kedai ini melalui proses goreng dengan air fryer biar lebih sehat dan nggak banyak minyak. Kecuali untuk bayam krispinya, nggak digoreng dengan air fryer karena mungkin cukup sulit ya.
Lasagna ini diluar ekspektasi banget, aku udah takut makan ini bakalan kerasa banget sayurnya nggak mirip lasagna gitu. Ternyata ini enaaaaaaaaak banget serius, sumpah nggak pake bohong 😭. Malah nggak kerasa kalau ini lasagna vegetarian. Kayak makan lasagna biasanya gitu pokoknya.
Jadi lasagna vegetarian ala Tiasa ini isinya terong ungu dan zucchini dengan bechamel sauce yang creamy banget, bolognaise dan juga keju mozarella. Seporsi buat aku nggak cukup, karena ini beneran lezat. Dan karena lasagna Tiasa ini juga aku jadi tahu rasanya zucchini itu kayak gimana. Lasagna ini kaya rasa, gurih, asam manis dari bolognaise, creamy dan lembut pokoknya enak, enak, enak.
Kalau bayam krispinya juga enak, nggak terlalu berminyak dan pastinya krispi.
Nah, kalau ini "Ayam" Matah dengan nasi putih. Ayamnya ini terbuat dari protein nabati kacang kedelai. Daging ayam dari kacang kedelai yang krispi ini diolah dengan sambal matah khas Bali yang bikin jadi tambah segar dan aromanya menggoda banget. Untuk rasanya enak dan lumayan pedas buat aku tapi bikin nafsu makan makin bertambah.  
Karena aku soya, sudah pasti minuman yang aku pilih ya susu kedelai. Selain itu aku juga pesan infused water yang harganya cuma Rp. 3.000 dan free flow lho.
Untuk menu-menu diatas semuanya nggak lebih dari Rp.50.000. Aku lihat di struknya, nggak ada pajak makan ditempat. Pokoknya kalau temen-temen mau makan makanan sehat dan nikmat juga affordable, Tiasa Kedai Sehat ini jadi pilihan yang tepat. 
Sub total Rp. 42.000  untuk menu makanan dan minuman yang aku pesan:
  • Ayam Matah Rp. 9.000
  • Nasi Putih Rp. 5.000
  • Bayam Krispi Rp. 4.000
  • Lasagna Rp. 11.000
  • Infused Water Rp. 3.000
  • Susu Kedelai Rp. 10.000
Nah, kalau temen-temen yang ada di Bandung atau yang mau ke Bandung buat liburan mau cobain juga sok atuh diaturin buat visit Tiasa Kedai Sehat. Aku rekomendasiin kedai ini karena makanan dan minuman disini selain sehat rasanya juga enak banget dan ramah di kantong. Nggak pernah pikir ada makanan vegetarian seenak ini.
Tadi aku sempet check instagramnya, mereka udah ada beberapa menu baru dan mereka juga jual frozen food. Oh ya, yang mau pesan nasi box untuk berbagai acara disini juga bisa lho dengan harga mulai dari Rp. 20.000.
Habis masa karantina ini nggak sabar mau pulang ke Bandung dan makan disini lagi.

🌱Tiasa Kedai Sehat Cihapit;
Jalan Kihiur Nomor 10, Bandung.
Senin-Sabtu (10.00 - 21.00 WIB)

🌱Tiasa Kedai Sehat Antapani;
Jl. Purwakarta No.13, Antapani, Bandung.



You Might Also Like

1 komentar

  1. The visiting this place will give you the opportunity to choose dishes according to your preferences. Such a variety will please anyone

    ReplyDelete

INSTAGRAM @inggitefridha

Followers

Subscribe