Menjelajah Rasa Favorit di Pucuk Coolinary Festival Palembang

6:11 AM

Aku kalau berkunjung ke suatu kota atau negara lain, nomor 1 yang ada di bucket list pastinya wisata kuliner. Hal wajib yang dilakuin kalo traveling ya mencicipi aneka kuliner yang khas dan enak pastinya. Dan untuk masalah memilih minuman pendamping aku lebih suka air mineral dan teh, jujur dari awal adanya Teh Pucuk Harum aku langsung jatuh cinta dan nggak pindah ke teh lainnya karena menurut aku Teh Pucuk Harum manisnya pas dan nggak lengket di tenggorokan. Teh Pucuk Harum juga diproduksi secara higienis, halal, tanpa pengawet, pemanis buatan dan diambil dari pucuk teh pilihan.
Beruntungnya Palembang terpilih menjadi kota ketiga pada tahun ini untuk diadakan festival kuliner terbesar dari Teh Pucuk Harum yaitu, Pucuk Coolinary Festival setelah sebelumnya diadakan di Yogyakarta dan Medan. Pada tahun 2018 lalu, Pucuk Coolinary Festival pertama kali digelar di Malang dan Bandung. 
Mbak Dina Oktaviani (@makanpakereceh.plg) dan Bapak Kitto Kristanto Junior Brand Manager Teh Pucuk Harum.
Pada tanggal 5 September 2019, sebelum acara Pucuk Coolinary Festival digelar, aku dan beberapa teman blogger beserta teman-teman media diundang untuk menghadiri Media Gathering di Harper Palembang.
Disini Junior Brand Manager Teh Pucuk Harum, Bapak Kitto Kristanto menjelaskan bahwa Palembang memiliki keistimewaan kuliner yang unik dan khas. Destinasi kuliner di kota Palembang pun semakin berkembang pesat. Beliau juga menyampaikan bahwa festival kuliner yang diadakan oleh Teh Pucuk Harum ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung perkembangan kuliner di Indonesia khususnya wilayah-wilayah yang dikunjungi. Bentuk dukungan nyata dari Teh Pucuk Harum adalah dengan tidak memungut biaya sewa booth dan hasil pendapatan diberikan 100% kepada tenant yang terlibat.
Selain bincang-bincang bersama Pak Kito, juga ada Mbak Dina selaku founder dari instagram @makanpakereceh.plg  yang menyampaikan kata sambutannya kala itu. 
Zona Manis jadi pilihan favorit aku, makan makanan manis paling pas ditemani Teh Pucuk Harum dong.
Dalam media gathering kemarin, Pak Kitto menyampaikan bahwa Pucuk Coolinary Festival ini merupakan festival kuliner terbesar yang sudah ada sejak tahun 2018. Pucuk Coolinary Festival ini mengusung tema "Temukan Rasa Favoritmu" yang melibatkan lebih dari 100 food tenants. Nantinya food tenants ini akan dibagi menjadi 3 zona rasa favorit yaitu, "Gurih, Manis dan Pedas".
Oh ya, nantinya akan ada pemilihan tenant favorit yang dipilih langsung oleh pengunjung. Pemenangnya akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah untuk mengembangkan bisnis kulinernya. Hal ini merupakan bentuk apresiasi dari Teh Pucuk Harum untuk tenant yang telah berpartisipasi.
Pemenang Spicy King Noodle Contest dari tim blogger, 1st Selvy, 2nd Bimo Rafandha dan 4th Mbak Ainun.
Pada saat media gathering juga diadakan kontes makan mie jumbo dengan level pedas dalam waktu yang sudah ditentukan. Perwakilan dari tim blogger kemarin ada Selvy, Bimo dan Mbak Ainun. Teman-teman blogger dan media yang berhasil menyelesaikan tantangan diberikan hadiah berupa voucher belanja ratusan ribu rupiah, wah asik banget. Kelihatan muka mereka pada sumringah meski kepedesan abis makan mienya, hahaha.
Kiri ke kanan: Bimo Rafandha, Nindy, Floren, aku, Mbak Dina, Kak Ara dan Selvy.
Setelah selesai menghadiri media gathering, kami diberi bingkisan berisi produk Teh Pucuk Harum. Kami jadi semakin nggak sabar buat datang ke main eventnya yang akan diselenggarakan selama 2 hari di lapangan parkir PTC Mall pada tanggal 7-8 September 2019 mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Pucuk Coolinary Festival Palembang
Bingung mau mampir ke stand mana dulu, banyak banget euy!
Finally setelah berkelang 1 hari dari menghadiri media gathering, event yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi dibuka. Pucuk Coolinary Festival Palembang resmi digelar dan menjadi event kuliner terbesar di kota Palembang. Food festival ini bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat di kota Palembang, nggak ada biaya masuk alias gratis.
Setelah membuka acara dengan menyampaikan kata sambutan, Bapak Henry David Kalangie, National Sales & Promo Head PT. Mayora Indah, Bapak Isnaini selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, dan Ibu Emilia Rizar sebagai Kepala Dinas Perindustrian Provisi Sumsel, melakukan penekanan sirine tanda telah diresmikannya pembukaan Pucuk Coolinary Festival Palembang.
Suasana di depan gate sebelum masuk ke Pucuk Coolinary Festival Palembang.
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ada lebih dari 100 food tenants yang terbagi menjadi 3 zona, yaitu Gurih, Manis dan Pedas. Di area depan sebelum memasuki Pucuk Coolinary Festival Palembang, ada papan informasi dan juga photo booth. Zona gurih menjadi zona utama ketika memasuki Pucuk Coolinary Festival Palembang.
Zona Gurih
Di Zona Gurih ada beberapa food tenants yang aku samperin. Apalagi jajanan jadul yang kembali hits seperti cilor dari Cilor Jolly, aduh antriannya rame banget. Selain itu, jajanan yang unik seperti Onigiri Viral juga banyak diserbu pengunjung karena penasaran dengan kreasi mie indomie yang dibentuk menyerupai onigiri dan dibalut dengan lembaran rumput laut kering. Di zona gurih tentunya banyak food tenants yang menjual makanan khas dari Palembang yaitu Pempek dengan berbagai kreasi dan variasi. Ada yang jual pempek lenjer dengan ukuran jumbo, pempek warna-warni dan masih banyak kreasi unik lainnya. Selain itu aku juga nyicipin Mie Ayam Sari Mulia yang legend dan mie ayam terbaik di Palembang menurut aku.
Zona Manis
Nah, di Zona Manis ini banyak banget jajanan manis dan segar yang pas banget dinikmati saat cuaca di Palembang sedang panas-panasnya. Untung ada Teh Pucuk Harum, aku jadi bebas haus saat panas menyerang. Disini aku jajan kudapan khas Filipina yang jadi favorit aku yaitu Buko Pandan. Rasanya yang creamy dan manisnya pas nggak bikin enek. Selain itu, food tenant yang menjual salad buah, mangga cantik yang diatasnya ada es krim dan pisang goreng krispi dari Pisang Goreng Adinda, ramai diserbu pengunjung.
Zona Pedas
Zona Pedas ini selalu dipadati pengunjung, orang Palembang memang terkenal suka pedas jadi nggak heran kuliner pedas ini banyak peminatnya. Dari Zona Pedas ada beberapa tenant kuliner pedas yang bergabung diantaranya, Pentol Pedas Jeletot, Ceker Pentol Pedas Ngentam, Ayam Bakar Mercon Pedazz, Nasi Bakar Pedas Bu Lies dan masih banyak lagi. Duh, dari namanya aja udah kerasa pedesnya, gimana makanannya ya 😝
Jangan takut haus, ada Teh Pucuk Harum!
Untuk minumannya yang paling pas sudah pasti Teh Pucuk Harum dong! Disini juga ada promo pembelian Teh Pucuk Harum yang sudah dibundle dengan harga yang terjangkau.

Untuk pengunjung jangan khawatir bakal bosan saat datang ke Pucuk Coolinary Festival Palembang karena pengunjung bisa bersantai duduk dan bersandar di bean bag sambil menikmati kuliner dan penampilan musik yang asik dari musisi lokal Palembang. Yang paling ditunggu, ada 2 unit motor Yamaha Nmax yang menjadi Grand Prize dan juga hadiah uang tunai untuk para pengunjung yang telah berpartisipasi memilih tenant favorit.
Curi foto diantara bean bag sebelum bakalan rame dan penuh diserbu pengunjung
Cashback 50% untuk metode pembayaran dengan Dana.
Untuk pembayarannya ada 2 metode yaitu pembayaran melalui aplikasi DANA dan pembayaran tunai. Untuk pembayaran dengan aplikasi DANA, bisa dapetin cashback 50%! Wah udah jajan enak dapet cashback lagi!
Aku kemarin kebagian voucher makan senilai Rp. 50.000, lumayan banget kan bisa jajan pakai voucher. Oh ya, di Pucuk Coolinary Festival Palembang juga ada sesi Happy Hour di jam-jam tertentu dimana pengunjung bisa menikmati kuliner dengan mendapatkan potongan harga Rp. 10.000.
Antrian buat dapetin pempek gratis.
Hal seru lainnya yang bisa kalian temui di Pucuk Coolinary Festival Palembang yaitu pembagian 10.000 porsi pempek secara gratis hanya dengan menunjukkan 2 botol Teh Pucuk Harum. Tuh, antriannya rame banget, tapi tenang semuanya kebagian.
Panggung tempat diadakannya Spicy King Noodle Contest, berani coba?
Nah, bagi pengunjung yang  suka dan jago makan makanan pedas bisa banget coba ikutan Spicy King Noodle Contest. Spicy King Noodle Contest ini merupakan kompetisi menyantap mie jumbo dengan level kepedasan dan waktu yang telah ditentukan juga.
Jangan lupa vote ya!
Di tiap Zona ada booth dimana pengunjung bisa memasukkan kupon setelah memilih tenant favorit mereka, pengunjung yang beruntung dan tenant favotiy yang terpilih bisa mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah. 
Bersantai sembari menikmati kuliner dan music performance.
Suasana ketika sore hari di Pucuk Coolinary Festival Palembang, makin rame! Apalagi pengunjung dihibur dengan music performance dari musisi lokal kota Palembang.
Kalau ditanya antusiasme warga Palembang, ya bisa dilihat dari gambar diatas. Padat dan super rame! Orang Palembang mah memang suka yang namanya wisata kuliner. Apalagi pas tahu ada Pucuk Coolinary Festival, dari pagi sampe malem tetap rame pengunjung. Setiap harinya ada puluhan ribu pengunjung.
Suasana saat malam di Pucuk Coolinary Festival Palembang, semakin ramai pengunjung.
Dari pagi hingga malam hari, Pucuk Coolinary Festival Palembang nggak pernah sepi pengunjung. Bahkan 1 jam sebelum tutup saat jam 21.30 WIB pengunjung belum juga terlihat berkurang, masih memadati tenant dan menikmati makanan yang mereka beli.
Kira-kira, Pucuk Coolinary Festival akan diselenggarakan di kota mana lagi ya?
Pucuk Coolinary Festival tentu saja membawa banyak dampak positif di industri kuliner. Semoga nanti Palembang kembali terpilih oleh Teh Pucuk Harum untuk Pucuk Coolinary Festival di tahun-tahun berikutnya.









You Might Also Like

1 komentar

INSTAGRAM @inggitefridha

Followers

Subscribe