Dua Skuter Matic Idola Wong Kito Galo, Honda Beat dan Yamaha Mio

8:53 PM

Postingan kali ini nggak berhubungan dengan beauty, bukan review produk-produk kecantikan seperti biasanya melainkan review tentang motor. Secara nggak langsung, motorlah yang berperan cukup penting dalam keseharian aku yang mempunyai cukup banyak aktivitas di luar rumah. Untuk bisa mencapai tujuan ke suatu tempat menuju tempat lainnya, aku butuh motor yang gesit dan juga irit untuk melaju di jalanan ibu kota. Belum lagi harus berhadapan dengan macet yang sudah menjadi sahabat dan hal lainnya yang biasa ditemui di jalanan, kenyamanan dan keamanan berkendara harus jadi faktor utama dalam memilih skuter matic.

Ngomongin soal motor, seperti yang sudah kita pahami motor matic merupakan kendaraan roda dua tanpa persneling gigi dimana cara mengemudikannya hanya dengan gas aja tanpa harus injek-injek gigi dan rem kaki. Apalagi saat jalanan macet atau menanjak, tanpa harus ribet ngatur naik turun kopling pengemudi hanya tinggal mengatur gas dan rem saja. Kemudahan inilah yang membuat pengendara lebih memilih skuter matic karena dinilai simple dan juga praktis.

Ditengah maraknya pilihan akan motor matic, disini aku akan ngebahas 2 skuter matic yang paling diminati oleh masyarakat di kota Palembang terutama dikalangan perempuan dan anak muda yang terkenal menyukai sesuatu yang serba simple. Kedua skuter matic yaitu Yamaha Mio dan Honda Beat, kamu pilih yang mana nih?


Awal kemunculan skuter matic besutan Honda ini, yaitu Honda BeAT yang diluncurkan pada tahun 2008 dan menjadi saingan dari Yamaha Mio sang pelopor skuter matic di Indonesia dimana lirisan pertamanya sudah hadir lebih dulu di tahun 2003. Meski bukan motor matic pertama di Indonesia, tetapi Yamaha Mio menjadi pioner motor matic di Indonesia.

Meski sudah banyak pilihan skuter matic dengan berbagai macam keunggulan dan fitur yang ditawarkan, Yamaha Mio tetap jadi primadona motor matic di Indonesia, khususnya di kota Palembang. Dengan sangat mudah ditemukan dijalanan ibu kota, Yamaha Mio ternyata lebih banyak digemari oleh masyarakat se-Palembang-anget 😃


Yamaha Mio M3 125 (Pic. Source: yamaha-motor.co.id)
Awalnya, Yamaha mengusung tagline "Motor yang Mengerti Wanita" pada skuter matic Mio yang desainnya lebih ramping dan cocok dipakai kaum hawa. Namun seiring berjalannya waktu, skuter matic ini nggak hanya diidolakan oleh para perempuan melainkan banyak pula kaum adam yang tertarik untuk mengendarai skuter matic ini.

Secara spesifikasi, Honda Beat memiliki mesin 108,2 cc sementara Yamaha Mio M3 memiliki kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 125 cc.

Dengan desain yang modern dan stylish juga lebih ramping dengan sayap model layer, Yamaha Mio cocok untuk semua kalangan terutama anak muda. Mesinnya pun sudah dibekali dengan teknologi Blue Core, jadi lebih irit. Meski begitu, Honda Beat pun memiliki fitur-fitur dan desain yang tak kalah canggih.

Opsi start kedua skuter matic ini sama, kick and electric start. Sedangkan untuk sistem bahan bakarnya, Yamaha Mio digadang-gadang lebih unggul dalam hal injeksi. Yamaha Mio dinilai lebih irit karena menggunakan injeksi YMJET-FI yang menyemprotkan BBM seperti kabut sedangkan Honda Beat menggunakan injeksi PGM-FI yang menyemprotkan BBM seperti tetesan air hujan. Konsumsi bahan bakar Yamaha Mio diklaim lebih efisien hingga 30% karena pengabutan bensin lebih akurat sesuai kebutuhan mesin.

Sebagai pengguna skuter matic Yamaha Mio M3 sejak lama, banyak sekali fitur-fitur yang aku sukai dari motor ini. Yang paling utama sebelum membeli motor, luas bagasi selalu jadi salah satu faktor yang aku perhatikan. Karena bagasi sangat diperlukan untuk menyimpan barang bawaan yang cukup banyak. Yamaha Mio mempunyai bagasi yang luas dan lega, cukup untuk menampung barang-barang bawaan. Bagasi kedua skuter matic ini sama-sama nggak bisa menyimpan helm, namun sudah cukup untuk menyimpan barang lainnya yang nggak terlalu besar. Honda Beat memiliki ukuran bagasi 11 liter, sedikit lebih besar dibandingkan bagasi Yamaha Mio M3 yaitu 10.1 liter.

Honda BeAT eSP (Pic. Source: astra-honda.com)
Untuk warna Honda Beat lebih unggul karena memiliki lebih banyak warna dibanding Yamaha Mio yang hanya memiliki 4 pilihan warna yaitu Amazing Black, Attractive Red, Admired Blue dan Aggresive Yellow sedangkan Honda Beat memiliki 6 pilihan warna.

Fitur-fitur utama yang dimiliki Yamaha Mio yang terbaru dengan mesin Blue Core 125 cc yang efisien menjadikan skuter matic ini 50% lebih irit dan handal. Fuel tank 4,2 liter merupakan kapasitas tangki bahan bakar paling besar dikelasnya. Untuk Honda Beat sendiri kapasitas bahan bakarnya yaitu 4 liter sedikit lebih kecil dibanding Mio. Begitupun dengan kapasitas oli, lagi-lagi Yamaha Mio memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu 0,84 L sedangkan Honda Beat hanya 0,7 L.

Untuk kuncinya sendiri, Yamaha Mio mengusung model multifunction key yaitu 1 kunci untuk 3 fungsi menyalakan motor, mengunci motor dan membuka bagasi. Eco indicator hadir sebagai indikator berkendara yang lebih irit dan ekonomis. Tampilan speedomotor Mio pun lebih trendy dan stylish. Dan yang lebih penting, body ringan dengan design yang lebih ramping dari pada Honda Beat menjadikan motor ini lebih gesit dan stylish.

Kedua motor ini adalah favorit dan merupakan motor matic terlaris dipasaran motor Indonesia. Tapi jika dikulik lebih dalam, dengan fitur yang lebih canggih dan desain sporty, stylish juga modern, Yamaha Mio patut dilirik dan dijadikan pilihan sebelum Anda memilih motor matic lainnya.





You Might Also Like

0 komentar

Subscribe