Jajanan Anak Generasi 90an!

1:22 PM

Benar jika banyak orang yang bilang bahwa Yogyakarta bukan hanya sebuah kota, melainkan kenyamanan, kedamaian dan cinta. Rasanya kali ini aku benar-benar jatuh cinta, bukan kepada seseorang, melainkan kota. Semua sudut di kota ini rasanya memberikan kedamaian dan cinta, bertemu orang-orang baru yang ramah dan lemah lembut dalam bertutur kata membuat aku sulit untuk melupakan kenangan yang tertinggal di kota ini. Jogja, kota yang akan aku kunjungi lagi dan lagi, pasti.
Salah satu tempat di Jogja, tempat yang sederhana tapi buat aku susah untuk beranjak pergi dan seketika membawa aku ke memori masa lampau, dimana aku masih mengenakan seragam merah putih, ya masa dimana aku masih duduk di Sekolah Dasar.
Preeeeeeeeeeeetttt dah kata-katanya ðŸ˜‚
Oke, dipostingan kali ini aku mau berbagi kebahagiaan bertemu kembali dengan jajanan anak generasi 90an. Jajanan jadul yang bikin rindu jaman masih sekolah dulu. Anak 90an mana suaranya...!
Mbok Jajan jadi tempat pertama yang masuk dalam daftar yang harus aku kunjungi selama berada di Jogja. Awal mula aku tahu tentang Mbok Jajan ini dari instagramnya @mbokjajan yang menjual berbagai makanan dan mainan zaman baheula, alias jadul. Omah Mbok Jajan berada di Jl. Ireda No. 181A Yogyakarta, yang buka setiap hari mulai dari jam 09.00 pagi sampai jam 09.00 malam. Selain jajan makanan dan mainan jadul, kalian juga bisa baca komik dan buku-buku jadul, foto-foto  di Omah Mbok Jajan ataupun bermain mainan jadul yang telah disediakan.
Karena kemarin aku datang pagi-pagi saat Omah Mbok Jajan baru buka, jadi keadaan di Omah Mbok Jajan masih sepi, mungkin aku pengunjung pertama hari itu. Jadilah aku mulai ambil keranjang belanja yang berbentuk seperti topi anyaman dan berkeliling di dalam Omah Mbok Jajan.
Pertama, yang aku cari disini adalah Gembot atau Game Watch, game ini yang paling populer di era 90an dan bentuknya kebanyakan seperti yang ada pada foto diatas. Selain itu, Tamagochi sampai sekarang juga masih jadi mainan favorit aku, duh kalo mau disebutkan satu-persatu pastinya banyak banget mainan jadul yang mengisi hari-hari masa kecil dulu, aku rindu sekali masa itu.
Kamu dulu pelihara apa di tamagochi?
Di Omah Mbok Jajan ini banyak sekali mainan anak perempuan seperti masak-masakan dari bahan plastik sampai teko minuman blirik yang jadul banget juga ada, rumah-rumahan, bongkar pasang, topeng sailormoon dan yang lainnya. Pokoknya banyak banget!
Gak cuma mainan anak cewek, mainan anak cowok juga gak kalah banyak seperti terjun payung, perahu kecil, mobil-mobilan dan poster kecil yang kalo di Palembang disebut dengan ambulan, cara mainnya bisa dengan dilambungkan ke udara, tos-tosan ataupun digunakan sebagai permainan qiu-qiu. Kalo teman-temanku di Jawa bilangnya wayang.
Kalau di daerah kalian namanya apa?
Mainan legend, terjung payung!
Coba perhatiin foto diatas, ada sabun Bee and Flower Brand yang bungkusnya warna-warni, sampai sekarang mama aku masih pakai lho. Juga sabun kompas, mama sering pakai untuk cuci piring. Katanya sih, sabun kompas lebih nampol dari pada sabun cuci piring lainnya. Selain itu, produk jadul yang ada pada foto di atas yang masih sering aku pakai yaitu pembersih muka Viva dan bedak Marcks. Lihat benda-benda jadul di atas aku jadi inget sama produk yang biasa dipakai sama nenek aku kayak bedak Shanghai, minyak urang-aring untuk rambut dan masih banyak lainnya. Pengen banget bawa pulang, sayangnya produk itu cuma koleksi Omah Mbok Jajan, nggak dijual. Lucu aja lihat kutek yang biasa dijual di SD. 
Mainan ini bikin aku inget masa kecil sama kakak dan adik aku. Aku sering berantem gara-gara kalah mancing ikannya hahaha. Akhirnya papa beliin kami satu orang satu, biar nggak rebutan lagi.
Nah, kalau balon tiup sih aku masih pernah lihat di sekolah-sekolah atau toko mainan tapi nggak kayak gini yang ada hadiahnya gitu. Cara dapetin hadiahnya dengan cara beli balonnya dan buka bungkus balonnya, apa ada nomor yang tercetak dikemasan kertasnya. Kalo ada tinggal cocokin sama nomor hadiahnya ðŸ˜
Sayangnya, karena kemarin banyak kerjaan yang harus diselesaikan dalam satu hari, aku gak bisa berlama-lama di Omah Mbok Jajan, hiks. Oh iya, di luar Omah Mbok Jajan ada pondok kecil tempat kita bisa bermain Nitendo atau masak-masakan sambil makan es gabus dan juga di depan pintu masuk Omah Mbok Jajan ada tempat yang dibuat seperti warung kecil didepan Mushola.
Pondok di luar Omah Mbok Jajan, tempat nongkrong anak 90an yang mau main nitendo, congklak, makan es gabus atau masak-masakan dan lainnya.
Makin rindu masa kecil ya?
Barang jadul nan antik juga ada disini, semuanya masih terawat dan bersih meski sudah gak bisa dipakai lagi. Omah Mbok Jajan ini instagramable banget, kalian bisa foto-foto di pojokan favorit dengan background gembot dan mainan jadul lainnya, pokoknya betah banget main lama-lama disini. 
Dinding-dinding Omah Mbok dihiasi dengan hiasan dinding berwarna-warni dari frame kayu yang tersusun dengan rapi.
Kalo layangan sih sampe sekarang aku masih mainin. Suka banget sama hiasan dindingnya, ada kaleng kerupuk ukuran mini, kipas-kipasan dari kertas, yoyo kayu, perahu-perahuan dan lainnya.
(Yak senyum yak, tak fotoin yak, 1,2,3.... cizzzz 😁)
Beberapa foto saat di Omah Mbok Jajan hilang entah kemana, bisa jadi jempol yang terlalu lincah jadi kehapus dari galeri. Gpp lah ya, yang penting ada beberapa foto yang bisa aku bagi ke kalian semua. Kalian bisa langsung datang ke Omah Mbok Jajan sewaktu kalian mengunjungi Jogja atau bagi yang mau beli mainan atau jajanan jadul, bisa langsung cek instagramnya @MbokJajan, mereka melayani pembelanjaan via online. Dan aku mau berbagi beberapa foto jajanan dan mainan yang aku beli kemarin, ada beberapa jajanan yang dibeli oleh ibu sewaktu ibu belanja ke pasar dekat rumah, Pasar Kapas Krampung Surabaya. Dan ini dia barang-barang yang aku beli ðŸ˜
Watergame yang berbentuk laptop dengan warna kuning gonjreng, sebenernya ini aku beli kali kedua kunjungan ke Omah Mbok Jajan. Paginya aku kelupaan masukin ke keranjang belanjaan, jadi pas malem abis jalan-jalan aku balik lagi ke Omah Mbok Jajan buat beli watergame ini, untung deh belum tutup.
Gak susah buat aku happy, dikasih mainan jadul gini aja udah seneng banget. Ini namanya bongkar pasang atau biasa disebut BP-BPan. BP Sailor Moon ini bakal aku simpan dengan rapi buat koleksi mainan jadul yang sudah langka banget, di Palembang aku sudah jarang bahkan gak pernah lagi nemuin BP-BPan, tapi di Surabaya masih ada beberapa penjual bongkar pasang ini.
Mungkin anak SD zaman sekarang gak kenal ya apa itu bongkar pasang. Zaman sekarang mereka sudah main barbie yang rambutnya bisa dibuat berbagai model dan warna, dengan baju-baju yang banyak dan aksesorisnya yang duuuuh, bagus banget  (maaf, aku penggemar barbie juga😂). Memang barbie juga sudah ada sejak era 90an, tapi gak terlalu bervariasi seperti sekarang. Yang paling aku ingat, aku punya boneka Susan yang bisa ngedip-ngedip dan ngomong walau akhirnya aku takut sendiri hahaha ðŸ˜‚
Magic Book! Ini juga mainan legend zaman aku SD,sisa uang saku yang dikasih sering dibelanjain buat beli ini aja. Cara mainnya tinggal gosok-gosok uang koin ke lembaran buku dan nanti akan keluar gambar sesuai tema buku yang kita beli. 
Liat coklat Choyo-choyo ini pasti bikin kalian kangen banget sama aku jajanan jadul ini, ya kan! Iya kita sama, jajanan yang paling aku kangenin ya coklat Choyo-choyo ini, bahkan rasa coklatnya juga masih aku ingat meski terakhir kali makannya pas SD, hahaha. Dengan sendok plastiknya yang kecil dan mudah tertelan, rasanya happy banget nostalgia sama coklat ini, lebih happy kenangan sama coklat dari pada sama mantan, eh kok curcol.
 Semua warnanya jadi favorit aku, meski beda warna rasanya semua sama, coklat hahaha ðŸ˜‚
Gak tau kenapa, pas coklatnya udah abis aku seneng ngemut sendoknya juga, duh kelakuan. Sendok plastik ini mudah ketelen gara-gara kebiasaan aku suka ngemut ujung sendoknya. Maafkan kelakuan magicku ini ðŸ˜‚
Nah ini juga, masuk ke dalam daftar jajanan favorit waktu SD. Permen karet Yosan dengan rasa jeruk dan melon yang ngangeniiiin banget. Dulu sih pernah rambut aku lengket sama permen karet yang udah dikunyah dan lengket banget, entah kenapa bisa lengket di rambut, mungkin karena aku yang super pencilakan. Kalo nempel di rok juga udah biasa, kerjaan temen-temen cowok yang nakal dan ujung-ujungnya kena smack down sama aku, maaf lagi-lagi kelakuan laki ðŸ˜‚
Permen karet Yosan juga ada dalam bentuk lain yang dikemasan kertasnya ada huruf-huruf yang harus kita lengkapi untuk dapetin hadiahnya. Ngelengkapi huruf-huruf dikemasan Yosan gak pernah ada akhirnya, jadi misteri sampai saat ini karena aku kurang 1 huruf lagi, hahaha ðŸ˜‚
Mie Gemez ini kemasannya gak banyak berubah ya. Kemarin pas aku remes dengan satu tangan, mienya hancur dan rata dengan bumbu bubuk ahhahaha. Mungkin remesan tangan aku jaman SD dulu remesan cantik-cantik manjah, jadi mienya masih ada bentuk. Tips buat yang mau makan mie Gemez, jangan ngeremes mie sambil liat gebetan deketin cewek/cowok lain ya, bisa-bisa mienya tinggal bungkus doang. Lha kok, curhat maneh.
Permen coklat berbentuk angka 8 yang sering banget dijadiin kacamata waktu main sama temen-temen. Inget, kacamata ini buat mainan gak bisa dipake buat ngelas. Apalagi ngelas hati kamu, iya kamuuuuu 😁
Nah kalau permen ini suka banget buat ngisengin temen, permen ini bisa meledak-ledak dimulut.
Kalau yang ini permen lolipop yang ada serbuknya rasa jeruk.
Permen ini juga sempat mewarnai hari-hari selama 6 tahun duduk di sekolah dasar.
Coklat koin dengan kemasan berwarna emas ðŸ˜
Hayo siapa yang sering ngisengin temennya pake coklat koin ini? Mirip uang logam kalau dilihat dari kejauhan ðŸ˜
Nah permen ini suka dijadiin gaya-gayaan waktu main sama temen-temen. Ini permen berbentuk rokok yang ngetop dikalangan anak SD generasi 90an.
Permen dalam kemasan kotak yang unyu banget ðŸ˜
Dan permen-permen ini dibeli oleh ibu sewaktu ibu belanja ke pasar Kapas Krampung, katanya disana masih banyak penjual makanan dan mainan jadul. Permen Hot-Hot Pop masih jadi idola meski sekarang sudah banyak permen lain yang lebih bervariasi.
Sebenernya masih banyak banget mainan dan jajanan jadul yang gak aku sebutin disini, nanti kalau ada kesempatan buat hunting lagi pasti aku bagiin di blog dan instagram. Makasih buat Mbok Jajan yang bikin aku happy, nanti aku mau main lagi kesana. Kamu mau ikut gak?

You Might Also Like

8 komentar

  1. aih seneng banget ya nemu mainan n makanan dari masa lalu eh masa kecil dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata mba Inul, masa lalu biarlah masa lalu mba Inna 😂

      Delete
  2. Lucu lucuuu bangetttt jadi gemeshh dan mupeng k jogja
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, kamu harus kesini kalo lagi ke Jogja!

      Delete
  3. langsung terbayang masa kecil bahagia dari gembot mpe tamagoci aku pernah punya oemji senangnya dulu kala 😂
    mba makanan hits anak emas mba ini ngehits bgt dan paporit pisan bwt aku 😂👏🏻 klo ke Yogja mau ah smg bisa sampe sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aamiin semoga kamu bisa kesini juga ya Herva.

      Delete
  4. wahh ada gembot, ada BP-BPan juga.. jadi kangen masa kecil ya ampun.. tapi pas masih sd juga masih ada tuh cuma sekarang udah susah nyarinya ya..

    ReplyDelete
  5. OMG... nostalgia banget lihat foto2 di postingan kamu. Kapan ya aku bisa main kw Omah Mbok Jajan. Pengen foto2 narsis dan jajan. Pas kepo IG dia, harga jajanan murah meriah. Uh.. jikalau aku ke Yogyakarta, Aku ingin menyempatkan waktu ubtuk berkunjung kesana. Terima kasih banyak, git udah sharing melalui postingan di blog kamu.


    aloha-bebe.com

    ReplyDelete

Subscribe